STRUKTUR ORGANISASI
1. PENGERTIAN
•ORGANISASI BERASAL DARI BAHASA YUNANI YAITU “ORGANON” YANG BERARTI ALAT,BAGIAN, ANGGOTA ATAU BADAN
•ORGANISASI USAHA ADALAH SEKELOMPOK ORANG YANG BEKERJA SAMA UNTUK MENCAPAI TUJUAN.
•ORGANISASI
USAHA SEDERHANA ADALAH USAHA KECIL YANG DILAKUKAN OLEH MASYARAKAT DENGAN MODAL
YANG RELATIF KECIL DAN DIKELOLA DENGAN MANAJEMEN YANG SEDERHANA.
KERANGKA DAN SUSUNAN YANG MERUPAKAN POLA HUBUNGAN ANTARFUNGSI, BAGIAN ATAU POSISI, MAUPUN ORANG-ORANG DALAM ORGANISASI.
a. STRUKTUR
ORGANISASI LINI ATAU GARIS KELEBIHANNYA :
q ANTARA ATASAN DAN BAWAHAN DIHUBUNGKAN OLEH
SATU GARIS KOMANDO
qMEMILIKI SIKAP SOLIDARITAS DAN SPONTANITAS
YANG TINGGI
qPROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISA DILAKUKAN
DENGAN CEPAT
qMEMILIKI DISIPLIN DAN LOYALITAS YANG TINGGI
qANTARANGGOTAMEMILIKI RASA SALING PENGERTIAN
YANG TINGGI
qKOORDINASI
DAN PENGAWASAN LEBIH MUDAH DILAKSANAKAN
KELEMAHANNYA :
§GAYA KEPEMIMPINANNYA
BISA MENGARAH KE OTORITER/DIKTATOR
§KREATIFITAS KARYAWAN KURANG BERKEMBANG
§TERKADANG TIDAK BISA DIBEDAKAN ANTARA TUJUAN
PRIBADI PIMPINANAN DENGAN TUJUAN PERUSAHAAN
§ORGANISASI DAN KARYAWAN BERGANTUNG PADA SATU
ORANG
§KURANG TERSEDIAHNYA STAF AHLI
2. STRUKTUR
ORGANISASI GARIS DAN STAF
KELEBIHANNYA
:
oADANYA
PEMBAGIAN TUGAS,KERJASAMA DAN
KOORDINASI YANG JELAS
oKREATIFITAS
ANGGOTA ORGANISASI DAPAT BERKEMBANG BAIK
oPEMILIHAN
STAF DILAKUKAN DENGAN PRINSIP THE RIGHT MAN IN THE RIGHT PLACE
oBENTUK
ORGANISASI INI FLEKSIBEL UNTUK DITERAPKAN (PADA USAHA BESAR ATAU KECIL)
oPENGAMBILAN
KEPUTUSAN RELATIF MUDAH KARENA MENDAPAT BANTUAN PEMIKIRAN STAF
KELEMAHANNYA :
•SOLIDARITAS
BERKURANG KARENA KARYAWAN MENJADI
TIDAK SALING MENGENAL
•PERINTAH
MENJADI KABUR DENGAN ADANYA NASEHAT DARI STAF, KARENA ATASAN DAN STAF DAPAT
MEMBERIKAN PERINTAH, PADAHAL KEWENANGAN SEBENARNYA BERBEDA.
•KESATUAN
KOMANDO BERKURANG
•KOORDINASI
YANG KURANG BAIK DI TINGKAT STAF BISA MENGHAMBAT PELAKSANAAN TUGAS
•SERING
TERJADI PERSAINGAN YANG TIDAK SEHAT.
3. STRUKTUR ORGANISASI FUNGSIONAL
KELEBIHAN
•MENJAGA
KEKUASAAN DAN KEDUDUKAN FUNGSI-FUNGSI UTAMA
•SPESIALISASI
DAPAT DILAKUKAN SECARA OPTIMAL
•PRODUKTIFITAS
DAN EFISIENSI DAPAT DITINGKATKAN
•MEMUNGKINKAN
PENGAWASAN MANAJEMEN PUNCAK LEBIH KETAT TERHADAP FUNGSI-FUNGSI
KELEMAHANNYA :
•DAPAT
MENCIPTAKAN
KONFLIK ANTAR FUNGSI-FUNGSI KARENA HANYA MEMENTINGKAN BAGIANNYA
•PEKERJAAN
SERINGKALI SANGAT MEMBOSANKAN
•MEMBERIKAN
TANGGAPAN LEBIH LAMBAT TERHADAP PERUBAHAN KARENA HANYA MEMUSATKAN PADA
TUGAS-TUGASNYA
•PARA
ANGGOTA BERPANDANGAN LEBIH SEMPIT DAN KURANG INOVATIF.
•SULIT
UNTUK MELAKUKAN PERPINDAHAN KE BAGIAN LAIN KARENA HANYA MEMPERHATIKAN BIDANG
SPESIALISASI
4. STRUKTUR ORGANISASI FUNGSIONAL DAN STAFF
•SETIAP
ANGGOTA ORGANISASIMENGERTI JELAS TUGASNYA,KEWAJIBAN,HAK DAN TANGGUNGGJAWAB.
oPEMILIHAN
STAF DILAKUKAN DENGAN PRINSIP THE RIGHT MAN IN THE RIGHT PLACE
oPENGAMBILAN
KEPUTUSAN RELATIF MUDAH KARENA MENDAPAT BANTUAN PEMIKIRAN STAF
•SPESIALISASI
DAPAT DILAKUKAN SECARA OPTIMAL
•PRODUKTIFITAS
DAN EFISIENSI DAPAT DITINGKATKAN
•MEMUNGKINKAN
PENGAWASAN MANAJEMEN PUNCAK LEBIH KETAT TERHADAP FUNGSI-FUNGSI
BalasHapusNatalia Manik
Prawira diwahyu jaty
BalasHapusYenni purba
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusRIVALDI BATUBARA
BalasHapus