Kamis, 07 Desember 2023

LATIHAN SOAL PKK 12 BDP

  

Pengendalian biaya merupakan tujuan penetapan  dan perhitungan  dari biaya….

A.     Promosi

B.     Produksi

C.     Tetap

D.     Variable

E.      Rata-rata

 

Sebuah usaha penerbitan buku independen menjual 20 buah buku setiap hari. Besarnya laba kotor per hari yang akan diperoleh setiap harinya. Jika harga jual buku ditetapkan  Rp 50.000,- per buah dan HPP produk sebesar  Rp 30.000,- adalah

A.     Rp 200.000,-

B.     Rp 300.000,-

C.     Rp 400.000,-

D.     Rp 500.000,-

E.      Rp 600.000,-

 

 Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam pelayanan yang harus diperlihatkan adalah....

A. Keandalan (reliability)

B. Daya tangkap (responsiveness)

C. Jaminan (assurance)

D. Empati (empathy)

E. Modal (modals)

16.  Aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk membangun kekuatan-kekuatan atau sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing anggota....

A. Nilai kemauan (willingness)

B. Kejujuran (honesty)

C. Tanggap dan hormat (respect)

D. Nilai kegembiraan (happiness)

E. Nilai kerja sama (team work)

17.  Tujuan sistem pelayanan adalah....

A. memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan

B. memberikan harga produk yang murah

C. memenuhi keinginan konsumen

D. memenuhi kebutuhan konsumen

E. perusahaan memperoleh laba yang maksimal

18.  Sarana mengkomunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan dan lainnya agar dapat dikenal masyarakat luas disebut dengan..
a. Media massa
b. Media promosi *
c. Media pemasaran
d. Media produksi
e. Media social

.  Media promosi yang pertama kali digunakan adalah..
a. Social media
b. Internet marketing
c. Koran
d. Majalah
e. Mulut ke mulut

 Perhatikan ciri-ciri berikut ini:
1) Membentuk pilihan merek
2) Mengalihkan pilihan konsumen ke merek tertentu
3) Mengubah persepsi konsumen terhadap atribut suatu produk
4) Mendorong para konsumen untuk berbelanja pada saat itu juga
5) Memberi dorongan konsumen untuk menerima kunjungan dari wiraniaga (salesman)
Berdasarkan ciri-ciri di atas adalah bagian dari tujuan promosi dalam bidang..
a. Menginformasikan
b. Mempengaruhi
c. Mempngaruhi dan membujuk *

d. Mengingatkan



   Jika diketahui  pemilik usaha les music mendapatkan pendapatannya dari jasa kursus  sebesar Rp 15.000.000,- setiap bulannya. Total harga pokok penjualan  (HPP) sebesar Rp 8.000.000,-dan total biaya penjualan dan administrasi umum setiap bulannya Rp 3.000.000,- besarnya total keuntungan bersih  usaha yang akan diperoleh  setiap bulannya adalah

 

A.     Rp 2.000.000

B.     Rp 3.000.000

C.     Rp 4.000.000

D.     Rp 5.000.000

E.      Rp 6.000.000

 

II.              Diketahui pemilk usaha hiasan menjual 100 buah produk setiap hari.besarnya lamaba kotor yang akan diperoleh setiap harinya jika harga jual hiasan ditetapkan  Rp 20.000,- perbuah dan HPP sebesar Rp 15.000,- ialah

A.     Rp 200.000,-

B.     Rp 300.000,-

C.     Rp 400.000,-

D.     Rp 500.000,-

E.      Rp 600.000,-

 

BUAH SEMANGKA ENAK RASANYA

BUAH

III.              Biaya yang besarnnya dapat berubah-ubah sesuai dengan hasi; produksi  disebut biaya …. Dihasilkan dalam jumlah besar

A.  Total

B.   Tetap

C.   Rata-rata

D.  Bahan baku

E.   Variable

 

IV.            Sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan suatu produk/jasa image perusahaan ataupun yang lainnya untuk dapat lebih dikenal masyarakat luas disebut

A.     Media promosi

B.     Promosi

C.     Pemasaran

D.     Media

E.      Produk

 

V.            Janji yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen, yaitu konsumen akan diberi ganti rugi apabila produk tersebut tidak sesuai seperti yang diharapkan atau dijanjikan disebut

A.     Komposisi

B.     Garansi

C.     Distribusi

D.     Label

E.      Merek

 

VI.            Tuan Dani baru mulai merintis usaha bisnis kuliner rumahan siap saji dengan berbagai varian produk. Untuk mengelola usaha tersebut tuan Dani harus membuat perencanaan strategi bauran pemasaran, agar bisnis tersebut terus maju dan berkembang maka perencanaan bauran pemasaran yang harus dilakukan adalah

A.     Perencanaan harga dan produk yang lebih murah dari pesaing

B.     Perencanaan produk, price, place dan promotion

C.     Perencanaan promosi  dan iklan

D.     Perencanaan strategi harga yang bervariasi

E.      Perencanaan strategi harga, iklan dan diskon

 

VII.            Rumus BEP =FC/(P-VC) Merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung BEP dengan dasar…

A.     Penjualan

B.     Pembelian

C.     Unit

D.     Modal

E.      Produksi

 

VIII.            Dalam sebuah kegiatan usaha, penghitungan laba sebelum dikurangi biayaoperasional  dan pajak disebut juga melakukan penghitungan laba…

A.     Kotor

B.     Bersih

C.     Rata-rata

D.     Bulanan

E.      Harian

IX.            Memasuki era Revolusi industri 4.0 pemasaran menglami perubahan dari pemasaran konensional menjadi pemasaran yang lebih banyak mengacu pada…

A.     Harga

B.     Barang Baru

C.     Digital

D.     Lokasi industry

E.      Produk Fast Moving

 

X.            Citra berencana jualan Siomay. Saat ini, ia sedang menyusun strategi pemasaran produknya. Ia membuat bauran pemasaran 4P (marketing mix). Contoh Strategy Place yang dapat dilakukan adalah

A.   Menjual siomay dengan harga Rp 1000

B.   Membuat Siomay aneka rasa

C.   Menjual Siomay dengan harga murah

D.   Mengenalkan siomay dengan iklan di radio

E.   Menjual Siomay dengan menitipkan di kantin-kantin sekolah

 

XI.            Tokopedia merupakan salah satu perusahaan unicorn di indonesia yang bergerak dibidang

A.     Blogger

B.     Marketplace

C.     Situs Pencari

D.     Media Sosial

E.      Aplikasi transportasi

XII.            Segala kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media internet disebut..
a. Media cetak
b. Media online *
c. Media elektronik
d. Media luar ruangan
e. Media lini bawah

XIII.            Suatu kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada oleh seorang wiraniaga disebut..
a. Direct marketing
b. Publicity
c. Personal selling *
d. Public relation
e. Sales promotion

XIV.            Penguatan merek usaha saat melakukan pemasaran disebut..

A.     Positioning

B.     Branding

C.     Promotion

D.     Hard selling

E.      Sof selling

XV.            Upaya merek atau usaha untuk menciptakan perbedaan diantara pada pesaing dalam rangka memberikan nilai tanbah yang terbaik kepada pelanggan disebut,..

A.     Positioning

B.     Diferentiaton

C.     Promotion

D.     segmenting

E.      Branding

XVI.            Sebuah laporan yang merupakan laporan untuk menunjukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu disebut dengan..
a. Laporan diskusi
b. Laporan kegiatan
c. Laporan perjalanan
d. Laporan keuangan
e. Laporan penelitian

XVII.            Berikut ini yang termasuk dalam tujuan penyusunan laporan keuangan adalah..

A.  Memberikan informasi keuangan tentang jumlah aktiva (harta) dan jenis-jenis kativa

B.   Memberikan informasi tentang perubahan-perubahan yanmg terjadi dalam aktiva, kewajiban, dan modal suatu perusahaan

C.   Memberikan informasi tentang jumlah biaya yang dikeluarkan berikut jenis-jenis biaya dalam periode tertentu

D.  Memberikan informasi tentang jumlah kewajiban, jenis-jenis kewajiban, dan jumlah modal

E.   Benar semua

XVIII.            Definisi dari laporan arus kas, yaitu..
a. Suatu entitas bisnis
b. Mencatat tentang perubahn modal
c. Laporan tentang posisi keuangan
d. Sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan secara legal dan ekonomis
e. Laporan yang menyajikan seluruh informasi tentang arus kas dalam sautu periode tertentu

XIX.            Cara sebuah usaha memiliki keunggukan pada produk,harga, lokasi dan promosi.Penyataan tersebut merupakan penjelasan dari…

A.     Positioning

B.     Diferentiaton

C.     Marketing mix

D.     Segmenting

E.      Branding

 

 

XX.            Cara menjual dan menciptakan  hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui produk atau jasa perusahaan disebut….

A.     Tactic

B.     Targeting

C.     Selling

D.     Value

E.      Segmenting

 

XXI.            Tiga kelompok  Utama yang menjadi yang menjadi scorecard adalah

A.     Pelanggan.masyarakat dan pemilik saham

B.     Masyarakat, investor dan pemasar

C.     Pemasar, masyarakat dan pemilik saham

D.     Pemilik saham, pelanggan dan investor

E.      Investor, pemasar, dan pemerintah

 

XXII.            Berikut yang bukan manfaat dari laporan keuangan adalah..

A.     Evaluasi bisnis

B.     Pengambil keputusan

C.     Mendapatkan pinjaman kredit

D.     Mudah menentukan pajak

E.      Menetapkan merek dagang

XXIII.            Untuk mencapai peluang usaha diperlukan …

a.    Modal usaha

b.    Perhitungan yang rumit

c.    Kerja keras dan pengorbanan

d.    Perhitungan laba rugi

e.    Perencanaan usaha yang baik

Essay


1. TULISKAN PERBEDAAN BIAYA TETAP DAN BIAYA VARIABEL

2.  Tuliskan perbedaan biaya tetap dan biaya variabel?

3. Tuliskan  pendapatmu Apa pentingnya BEP dihitung

4. Tuliskan 3 cara untuk memenangkan Pasar (tactic)

5        Tuliskan 3 jenis laporan keuangan

6.            Tuliskan Rumus BEP dalam unit (kuantity)

7.            Transaksi yang terjadi pada UP BDP SMK Negeri 1 jorlang Hataran adalah sebagai berikut :

Dijual Tissue 4 Pcs dengan harga satuan Rp 3000,-

Dijual minuman Ades botol 8 botol dengan harga per botol Rp 4000, Dijual Kertas kado 11 lembar dengan harga satuan Rp 2000

Dijual  ice cream 18 buah dengan harga satuan Rp 4000,-

Berdasarkan data diatas,

Hitunglah jumlah laba yang akan diperoleh jika biaya usaha yang terjadi sebesar Rp 75.000,-


8. Tliksan perbedaan laporan laba rugi dan neraca

9. buat contoh laporan laba rugi yang sederhana

10. tuliskan gambaran  laporan usaha UP BDP yang kamu tahu


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar