Kamis, 07 Desember 2023

LATIHAN SOAL TBSM

 


:                                                                                          :

   Sarana mengkomunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan dan lainnya agar dapat dikenal masyarakat luas disebut dengan..

a. Media massa
b. Media promosi
c. Media pemasaran
d. Media produksi
e. Media socia

   Yang merupakan tips dan trick dalam memilih media promosi adalah..
a. Anggaran promosi
b. Materi iklan
c. Sementasi pasar
d. Media promosi
e. Benar semua

    Koordinasi seluruh sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan  dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah merupakan pengertian dari

a.       Manajemen produksi

b.      Manajemen keuangan

c.       Manajemen sumber daya

d.      Manajemen SDA

e.       Manajemen SDM

     Sumberdaya perusahaan dikelompokkan kedalam 4 sumber daya yaitu….

a.       Material, finansial,manusia dan sarana prasana

b.       Material, finansial, mesin dan sarana prasana

c.       Material, finansial,manusia dan Teknologi

d.      Material, finansial,Teknologi dan sarana prasana

e.       Material, finansial,manusia dan informasi

5.      Unsur-unsur dalam manajemen adalah… kecuali

a.       Money

b.      Material

c.       Machine

d.      Mobile

e.       Method



  Perusahaan yang melakukan produksi secara  terus menerus adalah…

A.     Usaha Salon

B.     STTC

C.     Usaha Tukang Jahit

D.     Usaha Catering

E.      Usaha Fotocopy


 

2.      Yang termasuk contoh produksi   massal adalah kecuali...

A.     Baju Kebaya Pengantin

B.     Sepatu

C.     Pulpen

D.     Tipex

E.      Buku Tulis

3.    Pengertian dari produk massal adalah……

A.  Produksinya dilakukan secara bertahap

B.   Memenuhi kebutuhan manusia.

C.   Sistem produksi dalam jumlah yang besar, dilakukan secara terus menerus, produknya telah di standarisasi.

D.  Sistem produksi dalam jumlah yang sedikit dilakukan secara pesanan

E.   Pengaruh operator kecil

 

4.        Yang tidak termasuk ke dalam tujuan proses produksi ialah

A.     Memenuhi kebutuhan manusia

B.     Memperoleh keuntungan atau laba

C.     Memproduksi dalam jumlah banyak

D.     Meningkatkan mutu produk

E.      Memuaskan pelanggan

 

5.        Yang bukan termasuk  Ciri-ciri proses produksi secara terus menerus adalah 

A.  Dihasilkan dalam jumlah besar

B.   Operator tidak harus memiliki Skill yang tinggi

C.   Operator harus memiliki Skill yang tinggi

D.  Mesin yang dipakai bersifat khusus

E.   Biaya perunit rendah

 

 

6.        Perakitan yang sebagian besar proses dikerjakan secara konvensional atau menggunakan tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana tanpa alat-alat bantu yang spesifik atau khusus adalah....

A.  Perakitan otomatis

B.   Perakitan Manual

C.   Perakitan ganda

D.  Perakitan tungggal

E.   Perakitan campuran

 

7.        Dalam melakukan proses perakitan produk dapat dibedakan menjadi dua macam bila dilihat dari segi jenis produknya, yaitu …..

a. Produk tunggal dan produk massal

b. Produk tunggal dan produk missal

c. Produk konsumen dan produk pribadi

d.Produk manufaktur dan produk pabrikasi

e.Produk elektronik dan produk otomotif

 

8.      Proses menyatukan beberapa komponen dua atau lebih menjadi sebuah produk akhir merupakan pengertian dari...

a. Mendesain

b. Menyambung

c. Meramu

d. Menyusun

e. Merakit

 

9.      Dalam proses perakitan produk dengan melakukan langkah berurutan terhadap berbagai komponen yang dirakit merupakan metode perakitan jenis...

a. Cascade

b. Keseimbangan

c. Knock down

d. Perakitan dengan pemilihan

e. Perakitan dapat ditukar – tukar

 

 

10.  Dalam proses pemasangan komponen pada metode individual dilakukan secara...

a. Bersamaan dan acak

b. Berurutan sesuai dengan pasangannya

c. Acak tanpa urutan

d. Sesuai dengan ukurannya

e. Sendiri – sendiri tanpa memperhatikan pasangannya

11.  Perusahaan yang memproduksi berbagai obat obatan dan tambang minyak merupakan kelompok proses produksi ...

a. Perubahan bentuk

b. Kimia

c. Assembling

d. Transportasi

e. Jasa administrasi

 

12.  Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah….
a. Meningkatkan kinerja produk
b. Mengukur efek penuan kualitas produk dalam penyimpanan
c. Memantau kualitas produk dari tahun ke tahun
d. Mendapat pasar konsumen
e. Memberikan gambaran daya terima konsumen terhadap produk

 

13.  Pada proses pengujian produk yang dilakukan oleh beberapa orang yang pada akhirnya mereka juga yang menggunakan produk tersebut dikenal dengan...

a.     Uji kegunaan nyata
b. Uji pasar
c. Uji lingkungan nyata
d. Uji konsumen
e. Uji perbandingan

14.  Proses evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui hasil program yang akan dicapai, yang digunakan sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir baik diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan, atau dihentikan merupakan pengertian dari...
a. Stadarisasi produk
b. Evaluasi produk
c. Evaluasi
d. Pengendalian mutu
e. Pengujian produk

 

15.  Produsen menetapkan standar dan kualitas produk dengan mempertimbangkan…
a. Kualitas dari produk pesaing
b. Keseimbangan antara keuntungan dan penjualan
c. Efisiensi produksi
d. Segmen pasar dari produk pesaing
e. Kegunaan dari produk

16.  Sarana mengkomunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan dan lainnya agar dapat dikenal masyarakat luas disebut dengan..
a. Media massa
b. Media promosi
c. Media pemasaran
d. Media produksi
e. Media social

17.  Poster termasuk dalam kategori media..
a. Luar ruangan
b. Cetak
c. Elektronik
d. Lini bawah
e. Online

18.  Perhatikan ciri-ciri berikut ini:
1) Membentuk pilihan merek
2) Mengalihkan pilihan konsumen ke merek tertentu
3) Mengubah persepsi konsumen terhadap atribut suatu produk
4) Mendorong para konsumen untuk berbelanja pada saat itu juga
5) Memberi dorongan konsumen untuk menerima kunjungan dari wiraniaga (salesman)
Berdasarkan ciri-ciri di atas adalah bagian dari tujuan promosi dalam bidang..
a. Menginformasikan
b. Mempengaruhi
c. Mempngaruhi dan membujuk
d. Mengingatkan
e. Membujuk

19.  Segala kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media internet disebut..
a. Media cetak
b. Media online
c. Media elektronik
d. Media luar ruangan
e. Media lini bawah

20.  Berikut ini salah satu contoh media promosi konvensional adalah..
a. Majalah
b. Koran
c. Brosur
d. Radio
e. Benar semua

21.  Yang merupakan bagian dari tujuan utama promosi, kecuali..
a. Menginformasikan
b. Membiarkan
c. Mempengaruhi dan membujuk
d. Mengingatkan
e. Memperkenalkan produk

22.  Suatu kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada oleh seorang wiraniaga disebut..
a. Direct marketing
b. Publicity
c. Personal selling
d. Public relation
e. Sales promotion

23.  Berikut ini yang termasuk dalam contoh media cetak, kecuali..
a. Koran
b. Majalah
c. Brosur
d. Facebook
e. Tabloid

24.  Apabila suatu anggaran media promosi memiliki budget yang minim, maka kita dapat menggunakan media iklan seperti..
a. Televise
b. Majalah
c. Koran
d. Tabloid
e. Media social

25.  Koran, majalah, dan tabloid adalah contoh dari..
a. Cetak
b. Online
c. Lini bawah
d. Elektronik
e. Luar ruangan

Essay

 Tuliskan fungsi dari media promosi!

2.      Berdasarkan macam media yang digunakan, maka periklanan dibedakan menjadi

3.      Apa yang dimaksud dengan Personal Selling?

4.      Apa yang dimaksud dengan Sales Promotion?

5.      Tuliskan alat-alat yang digunakan dalam kegiatan Sales Promotion!

6. Tuliskan keunggulan produk massal  

7. tuliskan 4 skala perencanaan produksi menurut Assauri dalam Aji & Haryadi

8. Tuliskan keuntungan metode knock down dalam perakitan?

9. mengapa tugas masing masing stasiun kerja harus diidentifikasi secara jelas?

10. Tuliskan 4 kelebihan dari penggunaan media online sebagai alat promosi?

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar