Senin, 01 Agustus 2016

PERANGKAT PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN



RPP KELAS XI DAN XII JUGA ADA... TAPI SEBELUM MENGCOPY RPP INI, WAJIB ISI KOMENTAR YA, JANGAN SINGGAH DIBLOK SAYA TANPA TULIS KOMENTAR YA CEK GU... JANGAN JADI MANUSIA YANG EGOIS, HANYA MENGAMBIL YANG ANDA PERLU.. MARI BELAJAR JUGA MEMBENTUK KARAKTER KITA SEBAGAI GURU SALING MELENGKAPI, SALING MEMBANGUN TERKHUSUS KITA YANG MENJADI GURU KEWIRAUSAHAAN,,, TERIMAKSIH,,,

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah      : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran     : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 1
Program               : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
Indikator
1.    Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat kewirausahaan.
2.    Menjelaskan karakteristik wirausaha.
3.    Menyebutkan faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat:
  1. Memahami  konsep wirausaha
  2. Memahami tujuan dan manfaat kewirausahaan.
  3. Memahami karakteristik kewirausahaan
  4.  Memahami faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha
B. Materi Pembelajaran
·     Pengertian wirausaha dan kewirausahaan
·     Tujuan dan manfaat kewirausahaan
·     Karakteristik wirausaha
·     Faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha
C. Metode Pembelajaran : Ceramah,diskusi, dan observasi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru memberitahukan kompetensi dasar yang akan dipelajari dalam semester ganjil.
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik mengevaluasi tentang kondisi belajar dan diri selama semester genap yang baru dilalui, dan menetapkan target belajar pada tahun ajaran baru di semester ganjil
·         Peserta didik membacakan hasil kerja tentang mengevaluasi diri, dan peserta didik yang lain memberi masukan.
·         Guru memberi motivasi agar peserta didik melakukan perubahan untuk meningkatkan prestasi belajar disemester ini.
70 menit
Penutup
·         guru membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk membaca buku tentang Sikap dan Perilaku Wirausaha serta menjawab pertanyaan mengapa Kewirausahaan dipelajari di tingkat SMK?
10 menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Memeriksa tugas minggu lalu tentang mengapa Kewirausahaan dipelajari di tingkat SMK?
·         Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya berwirausaha
10 menit
Kegiatan inti

·         Pendidik membimbing siswa meringkaskan materi yang akan dipelajari
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai konsep wirausaha dan kewirausahaan.
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai tujuan dan manfaat kewirausahaan secara umum juga  bagi diri sendiri dan dunia pendidikan.
70 menit
Penutup
·         guru membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk berkomunikasi dengan pengusaha disekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik untuk mengetahui bagaimana beliau memulai usaha dan dapat bertahan sampai saat ini, serta mencatatnya dalam buku tugas.
10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
·         Pendidik memeriksa kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas tentang pengusaha disekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik untuk mengetahui bagaimana beliau memulai usaha dan dapat bertahan sampai saat ini.
10 menit
Kegiatan inti

·         Membacakan hasil tugas rumah sebanyak 2-3 tugas peserta didik dan menanggapi
·         Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok sesuai  6 karakteristik (sikap dan perilaku) wirausaha dan mendiskusikannya
70 menit
Penutup
·          guru membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk mencatat atau print tentang biografi/kisah seorang pengusaha yang sukses.
10 menit



Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
·         Pendidik memeriksa kehadiran peserta didik dan mengumpulkan tugas tentang biografi pengusaha yang sukses
10 menit
Kegiatan inti

·         Membacakan hasil tugas rumah sebanyak 1 tugas peserta didik dan menanggapinya.
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang faktor- faktor keberhasilan dan kegagalan usaha berdasarkan karakteristik(sikap dan perilaku) wirausaha dan mencatatnya dengan rapi
70 menit
Penutup
·          Peserta didik mengerjakan latihan dari buku kewirausahaan penerbit   halaman

10 menit


Pertemuan Ke-5
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
·         Pendidik memeriksa kehadiran peserta didik dan mengumpulkan buku catatan peserta didik untuk diperiksa
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik menyelesaikan ulangan harian untuk kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha.
·         Pendidik dan peserta didik membahas tentang ulangan harian yang telah dilakukan

70 menit
Penutup
·         Pendidik mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha.
10 menit

E. Sumber Belajar
a.    Buku Paket Kewirausahaan, untuk SMK  kelas X  Penerbit Grafindo dan yudistira
b.    Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
c.     Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis 
            b. Bentuk Instrumen: PG
            c.  soal pilihan ganda: Terlampir
            d. perhitungan penilaian
                                                jumlah benar
                        Nilai    =      -------------------------- X 100%
                                                      10
                                                                                                           
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                  Pendidik Mata Pelajaran




Drs. SAUT SIBORO                                                                                              EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                                               NIP.19751018200804 1001























SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA

STANDAR KOMPETENSI : MENGAKTUALISASIKAN SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA
KOMPETENSI DASAR       : MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA
TUJUAN PEMBELAJARAN :
SISWA DIHARAPKAN :
·         MENGHARGAI KARYA DAN PENGALAMAN ORANG LAIN SEBAGAI MASUKAN BAGI PENGEMBANGAN DIRI.
·         MENCERMATI DAN MENELITI SERTA MENGAMATI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA.
·         MEMAHAMI PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN
·         MENGIDENTIFIKASIKAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA.
·         MENGIDENTIFIKASI KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN WIRAUSAHA.
Materi Ajar :
Pentingnya pelajaran KEWIRAUSAHAAN.
Indonesia memilki  jumlah penduduk yang besar dan merupakan Negara keempat didunia denganpenduduk terbesar. Data BPS 2010 tercatatjumlah penduduk Indonesia adalah sebesar 237,56 juta jiwa. Jumlah penduduk yang fantastis dan memiliki potensi yang strategis jika dipandang sebagai potensi pangsa pasar bagi dunia industri.namun disis lain jumlah penduduk yang besar  pemerintah kerap  menghadapi berbagai permasalahan social yang besar yakni dalam penyediaan sarana pendidikan, pangan dan sandang,lapangan pekerjaan dan lainnya. Pertumbuhan penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya akan menambahjumlah tenaga kerja sehingga lapangan pekerjaanyang harus disediakan, harus ditingkatkan . menurut BPS (2010) jumlah pengangguran pada pebruari 2010 adalah 8,59 juta jiwa. Dari total angkatan kerja  sebesar 92,60 % adalah pendudk yang bekerja
McClell dalam ciputra (200* menyatakan bahwa agar suatu Negara bias menjadi makmur dibutuhkan  minimum 2 % jumlah wirausaha dari total pendudk.
Menurut William Danko
“ seorang wirausahawan mempunyai kesempatan 4 kali  lebih besar untuk menjadi milyuner
Konsep wirausaha
Istilah wirausaha merupakan gabungan dari 2 suku kata, yaitu Wira dan usaha. Wira berarti satria, patriot, berani, teladan, pejuang atau pahlawan. Sedangkan usaha berarti upaya, suatu pengerahan tenaga, penyelenggaraan atau penggunaaan segala sumber daya. Dengan demikian wirausaha dapat diartikan sebagai pengerahan segala daya atau sumber daya dengan penuh keberanian.
Dulu, istilah wirausaha lebih dikenal dengan sebutan wiraswasta (bahasa sansekerta) swasta merupakan gabungan dari 2 kata yaitu swa berarti sendiri atau mandiri, dan sta berarti berdiri (berdiri diatas kaki atau kemampuan sendiri). Wiraswasta berarti suatu keberanian melakukan kegiatan dengan kemampuan sendiri.
Istilah kewirausahaan sudah ada sejak 200 tahun yang lalu antara lain :
·         Pertama kali digunakan oleh bangsa Prancis yakni ENTREPRENDRE yang berarti menjalankan, mengerjakan, melakukan, dan berusaha.
·         ENTREPRENDRE diterjemahkan pula dalam bahasa inggris menjadi ENTREPRENEUR. ENTREPRENEUR  berarti between taker  atau go between.
·         Dalam perkembangan waktu, istilah entrepreneur dipakai sebagai profesi dibidang usaha bukan sebutan untuk jabatan. Hal ini diperkenalkan pertama kali oleh Richard Cantillon (1730).
Beberapa pengertian tentang wirausaha, kewirausahaan :
1.    Wirausaha adalah orang dengan sifat-sifat utama, seperti berani mengambil resiko, dan dapat diteladani dalam karya untuk mendapatkan perubahan dan pembaharuan (KBBI edisi 2003)
2.    Kewirausahaan adalah semangat sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar (inpres no 4 tahun 1995 tentang Gerakan Nasional  memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan)
3.       Wirausaha menurut Joseph Schumpeter adalah orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.
4.    Kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan suatu nilai yang berbeda dengan mencurahakan waktu yang diperlukan dan upaya, disertai dana, psikologis, resiko waktu dan adanya penerimaan penghargaan atas kepuasan perorangan (Robert D. Hisrich)
Berdasarkan defenisi tersebut Kewirausahaan mengandung hal-hal Ssb:
·         Pengambilan inisiatif atau prakarsa;
·         Pengorganisasian sumber daya, dan
·         Keberanian menanggung resiko.
Tujuan Kewirausahaan
·         Tujuan pribadi orang berwirausaha pada umumnya :
a.    Kebebasan dari campur tangan dan pengawasan atasan
b.    Kebanggaan jika berhasil. Keinginan besar untuk berprestasi.
c.     Mampu mengontrol keuangan sendiri.
·         Tujuan dari kewirausahaan, antara lain :
a.    Menumbuhkembangkan orientasi dan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat.
b.    Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.
c.     Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dari para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
d.    Membudayakan sikap, semangat, kemampuan dan perilaku kewirausahaan dikalangan masyarakat.
Mafaat adanya kewirausahaan
a.    Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dalam pembangunan sosial sesuai kemampuannya
b.    Menjadi contoh bagi anggota masyarakat sebagai pribadi unggul yang patut diteladani.
c.     Menjadi contoh bagaiamana harus bekerja keras dan tekun tetapi tidak melupakan perintah agama.
d.    Menambah daya tampung lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
e.    Sebagai generator pembangunan dan pemeliharaan  lingkungan
Karakteristik Wirausaha 
1.    Disiplin
Adalah sikap mental untuk mematuhi peraturan dan tata tertib. Kedisplinan juga bias ditumbuhkan dengan memiliki tanggung jawab. Salah satu bentuk kedisplinan yang terpenting adalah perilaku tepat waktu dan tepat janji.
Tepat waktu dan tepat janji akan mendatangkan kepercayaan dari orang lain.
2.    Komitmen yang tinggi
Adalah suatu sikap yang secara sadar dan konsisten mengikat diri pada suatu rencana atau usaha untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah dirumuskan dan diputuskan dalam rangka meraih keberhasilan dalam usaha. Kata komitmen berasal dari bahasa inggris  yaitu commitment yang artinya  melakukan janji,. Dalam bahasa Indonesia berarti keterikatan. Sikap komitmen harus disertai sikap aktif dan proaktif. Sikap aktif adalah sikap yang memiliki inisiatif dan melaksanakan  sedangkan sikap pro aktif adalah orang yang memilih bertanggungjawab atas semua tindakannya. Seluruh tindakannya adalah hasil keputusannya bukan dari situasi.
3.    Jujur
Adalah ungkapan perilaku seseorang yang mengakui keberadaan sebenarnya atau apa adanya. Seorang wirausaha harus jujur terhadap diri sendiri, terhadap orang lain dan terhadap tujuan yang akan dicapai

4.    Kreatif dan inovatif
Kreatif atau kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thingking new thing) sedangkan inovasi atau inovatif adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses berpikir kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan meruapakan keunggulan yang berharga. Nilai tambah yang berharga adalah sumber peluang bagi wirausaha. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha “look at old and think something new or different”.
Sukses kewirausahaan akan tercapai apabila berpikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara yang baru (think and doing new things or old thing in new way) (zimmer). Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang.
5.    Mandiri
Adalah  suatu sikap tidak selalu bergantung kepada orang lain, atau melakukan kegiatan dengan percaya  pada kemampuan diri sendiri. Setiap  wirausaha harus bias mandiri, sekaligus bias bekerjasama dengan orang lain .
6.    Realistis
Adalah kenyataan. Jadi berpikir realistis adalah cara berpikir dengan akal sehat.kekuatan wirausaha dating dari ide yang bias ia sesuaikan dengan keadaan nyata (real).
Factor – Factor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan  Wirausaha
1.    Tidak berkompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memilki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan factor penyebab utama  yang membuat perusahaan kurang berhasil.
2.    Kurang dapat mengendalikan keuangan. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional perusahaan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar. Maka sangat perlu mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat.
3.    Gagal dalam perencanaan. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.
4.    Kurangnya pengawasan peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efesiensi dan efektifitas. Kurang pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan alat tidak efesien dan tidak efektif.
5.    Sikap kurang sunggug-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah – setengah terhadap usaha akan mengakibatkan  usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal.dengan sikapsetengah hati kemungkinan gagal menjadi besar.
6.    Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/ transisi kewirausahaan. Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil.
Sebuah penelitian menunjukkan keberhasilan seseorang ditentukan oleh 60 % kekuatan mental, 25 % keuletan berusaha dan 15 % pendidikan yang diperoleh..












SOAL ULANGAN HARIAN
KD  : MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA
1.   Yang bukan Tujuan dari kewirausahaan adalah..........



A. Menumbuhkembangkan orientasi dan kesadaran kewirausahaan
b. Mencetak jumlah wirausaha yang berkualitas
c. Membudayakan sikap kreatif dan inovatif
d. Membudayakan sikap efektif dan efisien
e. Mampu menghadapi persaingan usaha.



2.   Seorang wirausaha harus mencintai pekerjaan yang dimilikinya disebut....



A. Dedication
b. Decisiveness
c. Devotion
d. Determination
e. Destiny


3.    Berikut yang bukan sifat-sifat yang dimiliki seorang wirausaha menurut BYGRAVE adalah



A. Dedication
b. Dollars
c. Details
d. distribute
e. Produktif


4.   Seorang wirausaha selalu konsisten untuk membuka dan menutup tokonya pada waktu yang telah ditetapkan. Contoh berikut merupakan sikap dan perilaku...



A. Disiplin
c. Komitmen yang tinggi
c. Jujur
d. Mandiri
e.realistis


5.    Menurut Bygrave uang bukanlah tujuan seorang wirausaha, tetapi uang dianggap sebagai...



A. Sasaran usahanya
b. Motivasi dalam bisnis
c. Sesuatu yang harus didapat
d. Ukuran kesuksesan bisnisnya
e. Bayaran atas usaha yang dilakukan


6.   Daya inisiatif yang mengarah pada kejujuran tidak dapat tumbuh pada diri seseorang jika ia memiliki salah satu sifat dibawah ini yakni



a. Menjadi teladan
b. Cepat tanggap
 c.Berfikir kritis
d. tertutup
e. Ramah


7.   Dibawah ini merupakan sikap dan perilaku seorang pengusaha antara lain kecuali...



A. Disiplin
b. Komitmen
c. Jujur
d. Realistis
e. Pesimis


8.    Kemampuan untuk yang menghasilkan sesuatu yang baru yang sebelumnya tidak ada disebut....



A. Efektif
b. Inovatif
c. Kreatif
d. Produktif
e. Selektif


9.   Contoh kegiatan yang melatih kreatifitas diantaranya adalah..



A. Menjahit
b. Belajar menyetir mobil
c. menggunakan radio-tape
d. Mengerjakan PR
e. Membuat tas dari kardus


10.  Seorang pelajar dari tingkat SMP meraih mendali emas tingkat internasional karena ia mampu menghasilkan HELM PENDINGIN yang mampu menurunkan panas sebesar 20’. Contoh diatas disebut....



A. Kreatif dan normatif
b. Kreatif dan adaptif
c.kreatif dan inovatif
d. Kreatif dan efektif
e. Efektif dan efisien



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah      : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran     : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 1
Program               : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif.
Indikator
1.      Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif.
2.      Menjelaskan lima perilaku kerja prestatif.
3.      Menjelaskan prinsip cara kerja prestatif.

Alokasi Waktu: 6Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat:
  1. Mengetahui pengertian,tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif.
  2. Memahami dan membedakan 5 perilaku  kerja prestatif.
  3. Memahami prinsip kerja prestatif.
  4. Menerapkan cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.
B. Materi Pembelajaran
·     Pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·     5 perilaku kerja prestatif
·     Prinsip cara kerja prestatif
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,diskusi dan persentasi.
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
c.     Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik memberi pendapat  mengenai tipe-tipe orang dalam melihat suatu kesuksesan.
b.    Peserta didik menyimak penjelasan pendidik mengenai pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif.

70 menit
Penutup
Penutup
Peserta didik diberi tugas untuk mencari 1 gambar/artikel mengenai perilaku kerja prestatif

10 menit


Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta mengumpulkan tugas peserta didik

10 menit
Kegiatan inti

  1. Membacakan hasil tugas rumah sebanyak 3 tugas peserta didik dan menanggapinya
  2. Membagi peserta didik dalam 5 kelompok untuk mendiskusikan pemahaman tentang salah satu sikap dan perilaku kerja prestatif beserta contohnya
  3. peserta didik untuk mempersentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan mempersilahkan kelompok lain untuk menanggapinya

70 menit
Penutup
Peserta didik diberi tugas secara kelompok untuk melengkapi 5 artikel/gambar mengenai perilaku kerja prestatif

10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta mengumpukan tugas peserta didik
10 menit
Kegiatan inti

  1. Membacakan hasil tugas rumah sebanyak 1 tugas peserta didik dan menanggapinya
  2. Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai prinsip cara kerja prestatif.
  3. Peserta didik menyelesaikan ulangan harian untuk kompetensi dasar menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif

70 menit
Penutup
Pendidik mengevaluasi hasil ulangan harian ke dua dan memotivasi peserta didik agar memiliki perilaku kerja prestatif.
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Buku Paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X
  2. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
  3. Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
d.    Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen: PG
           

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran




Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 100






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah      : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran     : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 1
Program               : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.3. Merumuskan solusi masalah
Indikator
1.    Menjelaskan pengertian masalah.
2.    Menjelaskan teknik pemecahan masalah.
3.    Membedaan masalah dan bukan masalah.
4.    Mengidentifikasi masalah dan faktor penyebabnya.
5.    Menjelaskan cara mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah.
6.    Menjelaskan dampak dari pengambilan keputusan
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat:
  1. Mengetahui pengertian masalah
  2. Membedakan masalah dan bukan masalah.
  3. Mengidentifikasi dan merumuskan/menguraikan masalah dalam usaha berdasarkan data.
  4. Memberikan alternatif pemecahan masalah yang berbeda-beda
  5. Memahami dan menerapkan kunci sukses dalam memecahkan masalah.
B. Materi Pembelajaran
·     Pengertian masalah
·     Teknik pemecahan masalah
·     Membedakan masalah dan bukan masalah
·     Masalah dan faktor penyebabnya
·     Alternatif pemecahan masalah
·     Dampak dari pengambilan keputusan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
c.     Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran
d.    beberapa Peserta didik menyampaikan contoh masalah yang pernah dialaminya dan solusi penyelesaiannya

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik membaca buku pegangan kewirausahaan topik merumuskan solusi maslah untuk memahami pengertian dan mengapa pentingnya menyelesaikan masalah
b.    Beberapa peserta didik menyampaikan pemahaman mereka apa itu masalah dan mengapa pentingnya menyelesaikan masalah.
c.     Pendidik memberikan catatan tentang pengertian masalah dan ciri-ciri masalah sebagai kesimpulan.
d.    Pendidik menyampaikan penjelasan tentang teknik pemecahan masalah secara umum, sekaligus memberikan catatan sebagai ringkasan.
e.    Pendidik memberikan sebuah soal cerita untuk melatih teknik pemecahan masalah.

70 menit
Penutup
Peserta didik diberi tugas untuk mencari artikel tentang Masalah dan penyelesaiannya dari sebuah perusahaan.

10 menit

Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta mengumpulkan tugas peserta didik
10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai perbedaan masalah dan bukan masalah, serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.
b.    Peserta didik menjelaskan perbedaan masalah dan bukan masalah.
c.     Peserta didik menyebutkan jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali perbedaan masalah dan bukan masalah, serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.

10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai langkah mengidentifikasi masalah dan faktor penyebabnya.
b.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai langkah-langkah mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah.
c.     Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan penyelesaian masalah dari sebuah naskah yang diberikan.
d.    Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali menganalisis suatu masalah, serta menentukan alternatif pemecahannya dari sebuah masalah.

10 menit


Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas rumah peserta didik
10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik memahami penjelasan pendididk tentang dampak dari pengambilan keputusan.
b.    Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
c.     Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
d.    Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
e.    Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
70 menit
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu mengembangkan semangat wirausaha,
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X.
  2. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
  3. Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
  4. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis 
            b. Bentuk Instrumen: PG
            c. Instrumen penilaian (terlampir)
            d. perhitungan penilaian
                                                jumlah benar
                        Nilai    =      -------------------------- X 100%
                                                      10

                                                                                                                
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah      : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran     : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 1
Program               : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.4. Mengembangkan semangat wirausaha
Indikator
1.    Menjelaskan tentang semangat dan gairah
2.    Menjelaskan faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha.
3.    Menjelaskan cara mengembangkan semangat wirausaha.
4.    Menjelaskan tentang pengertian, perkembangan, jenis-jensi dan faktor pendukung keberhasilan inovasi.
5.    Menjelaskan tentang faktor penyebab kegagalan wirausaha dalam memotivasi diri.
6.    Menjelaskan tentang sikap bekerja yang efisien dan efektif.

Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
  1. Memahami pengertian semangat dan gairah.
  2. Memahami faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha.
  3. Memahami dan mengembangkan pola pikir semangat wirausaha.
  4. Membedakan penemuan dan inovasi.
  5. Mengidentifikasi faktor pendukung keberhasilan inovasi dan jenis-jenis inovasi.
  6. Menumbuhkan kreativitas dan inovasi.
  7. Membedakan kerja efisien dan efektif serta menerapkannya dalam bekerja/wirausaha.

B. Materi Pembelajaran
·     Pengertian semangat dan gairah
·     Faktor-faktor munculnya semangat kewirausahaan
·     Mengembangkan semangat wirausaha
·     Inovasi
·     Motivasi
·     Sikap bekerja efisien dan efektif
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik


D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.     Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran


10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai pengertian semangat dan gairah.
b.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor yang menyebabkan munculnya semangat usaha dan langkah-langkah mengembangkan semangat wirausaha.
c.     Peserta didik berlatih mengembangkan kemampuan kreatif.

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta berlatih kembali mengembangkan kemampuan kreatif.

10 menit

Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.     Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha dan mengembangkan semangat wirausaha.
10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai inovasi, termasuk diantaranya awal munculnya inovasi, faktor-faktor pendukung keberhasilan inovasi, serta jenis-jenis inovasi.
b.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai pentingnya motivasi dalam berwirausaha/bekerja.
c.     Peserta didik menjelaskan perbedaan inovasi dengan penemuan (invention).
d.    Peserta didik menyebutkan jenis-jenis inovasi.

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta menjelaskan kembali mengenai perbedaan inovasi dengan penemuan (invention), serta menyebutkan kembali jenis-jenis inovasi.

10 menit
Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.     Peserta didik mengingat kembali materi mengenai inovasi dan motivasi.

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai sikap kerja efisian dan efektif.
b.    Peserta didik menjelaskan perbedaan kerja efisien dan efektif.
c.     Peserta didik mengerjakan ulangan harian untuk kompetensi mengembangkan semangat wirausaha.

70 menit
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab selanjutnya, yaitu membangun komitmen dalam berwirausaha.

10 menit
E. Sumber Belajar
  1.   Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK
  2. Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
  3. Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
  4. Buku referensi yang relevan         
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen: PG
            c. Contoh Instrumen:
                        -  Contoh tes PG
Prinsip kewirausahaan terdiri dari beberapa unsur penting, diantaranya adalah . . . .
a.    ada unsur pola pikir kebelakang      
b.    ada zona nyaman
c.     ada distribusi
d.    ada unsur improvisasi dalam prosesnya
e.    ada proses

-  Contoh tes uraian
Sebutkan dan jelaskan apa saja yang mendorong terjadinya inovasi.
                                                                                                           
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah      : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran     : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 1
Program               : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.5. Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
Indikator
1.    Menjelaskan pengertian komitmen.
2.    Menjelaskan pentingnya komitmen tinggi dlaam berwirausaha.
3.    Menjelaskan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.
4.    Menjelaskan jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.

Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi manfaat komitmen dalam berwirausaha.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi.
  3. Menerapkan komitmen tinggi terhadap wirausaha.
B. Materi Pembelajaran
·     Komitmen
·     Pentingnya komitmen tinggi dalam berwirausaha
·     Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·     Jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.     Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran.
d.    Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan komitmen dalam berwirausaha.

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai komitmen dan pentingnya komitmen dalam berwirausaha.
b.    Peserta didik menyebutkan kegunaan komitmen dalam berwirausaha.

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali kegunaan komitmen dalam berwirausaha.


10 menit
Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pentingnya komitmen dalam berwirausaha
10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor yang menunjukkan seseorang berkomitmen tinggi terhadap pekerjaannya.
b.    Peserta didik menyebutkan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

70 menit
Penutup
Peserta didik diminta menyebutkan kembali faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Pendidik dan peserta didik memperhatikan kebersihan ruangan
b.    Pendidik memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.     Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.

10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai jenis-jenis komitmen yang perlu dimiliki dalam berwirausaha.
b.    Peserta didik menyebutkan jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.
c.     Peserta didik mengingat kembali materi mengenai mengembangkan semangat wirausaha (bab 4), dan membangun komitmen dalam berwirausaha.
d.    Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
e.    Peserta didik diberikan soal ulangan harian.
f.     Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
g.    Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

70 menit
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi seluruh bab, untuk persiapan ulangan semester
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK
b.    Buku referensi yang relevan
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis 
            b. Bentuk Instrumen: PG

                                                                                                           
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Nama Sekolah                  : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran                 : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 2
Program                           : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.6. Mengambil resiko usaha

Indikator
1.    Memahami risiko dan ketidakpastian usaha.
2.    Mengklasifikasi risiko usaha.
3.    Menjelaskan tentang jenis-jenis risiko usaha.
4.    Menjelaskan faktor penyebab risiko usaha.
5.    Menjelaskan tujuan dan manfaat resiko usaha
6.    Mengatasi dan memperkecil risiko.
Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat:
  1. Membedakan ketidakpastian (unexpected risk) dengan risiko (risk).
  2. Mengidentifikasi risiko murni dan spekulatif.
  3. Mengidentifikasi risiko secara Umum
  4. Mengidentifikasi jenis-jenis risiko yang sering terjadi dalam dunia usaha.
  5. Memahami penyebab faktor munculnya risiko usaha.
  6. Mengidentifikasi risiko usaha
B. Materi Pembelajaran
·     Pengertian resiko
·     Jenis-jenis risiko usaha
·     Faktor penyebab risiko usaha
·     Manfaat dan tujuan risiko
·     Manajemen resiko

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik





D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·          Guru memberitahukan kompetensi dasar yang akan dipelajari dalam semester genap.
10 menit
Kegiatan inti

·          Peserta didik mengevaluasi tentang kondisi belajar dan diri selama semester ganjil, dan menetapkan target belajar pada semester genap
·          Peserta didik membacakan hasil kerja tentang mengevaluasi diri, dan peserta didik yang lain memberi masukan.
·          Guru memberi motivasi agar peserta didik melakukan perubahan untuk meningkatkan prestasi belajar disemester ini.
70 menit
Penutup
·          guru membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk membaca buku tentang resiko usaha.
10 menit

PERTEMUAN KE 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai  risiko (risk).
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai klasifikasi risiko usaha, diantaranya risiko murni dan spekulatif, serta risiko berdasarkan jenis dampak yang ditimbulkan (risiko sistematik dan risiko spesifik).(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 109 sd 111).
·         Peserta didik menjelaskan arti dari risiko
·          Peserta didik menyebutkan klasifikasi risiko usaha.
70 menit
Penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai jenis-jenis risiko yang terjadi dalam dunia usaha dan berwirausaha.
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor penyebab munculnya risiko usaha.(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 111 sd 112).
·         Peserta didik menyebutkan jenis-jenis risiko usaha.
·         Peserta didik menyebutkan faktor-faktor penyebab risiko usaha.
70 menit
Penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai cara mengatasi dan memperkecil risiko usaha.
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai manfaat dan tujuan risiko usaha.
(materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 114 sd 115).
·         Peserta didik menyebutkan cara mengatasi dan memperkecil risiko usaha.
·         Peserta didik berlatih menganalisis risiko usaha.
70 menit
Penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya yaitu membuat keputusan
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Buku Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, (penerbit erlangga, yudistira,grafindo,dll)
  2. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen: PG  (terlampir)
                                                                                                           
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah                 : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran                : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester             : X (sepuluh) / 2
Program                          : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.7. Membuat keputusan

Indikator
1.          Menjelaskan pengertian pengambilan keputusan.
2.         Mendeskripsikan jenis-jenis keputusan.
3.         Menjelaskan latar belakang munculnya sebuah keputusan.
4.         Menjelaskan proses pengambilan keputusan.
5.         Menjelaskan tentang mengomunikasikan keputusan.
6.         Menganalisis masalah menggunakan analisis SWOT.
7.         Menerapkan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan.

Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat:
  1. Memahami dan menyebutkan jenis-jenis keputusan.
  2. Memahami sebab/alasan perlunya pengambilan keputusan.
  3. Mempraktikan tahapan dalam pengambilan keputusan.
  4. Mengomunikasikan hasil suatu keputusan kepada pihak-pihak terkait menggunakan media komunikasi.
  5. Menggunakan analisis SWOT dalam menganalisis suau permasalahan.

B. Materi Pembelajaran
  • Pengambilan keputusan
  • Jenis-jenis keputusan
  • Proses pengambilan keputusan
  • Analisis masalah menggunakan analisis SWOT
  • Penerapan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mennyampaikan hasil ulangan harian dan memberi motivasi agar peserta didik tetap meningkatkan self studi masing-masing.

10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya pengambilan keputusan yang tepat dalam berwirausaha.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai pengambilan keputusan.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai jenis-jenis keputusan yang sering dilakukan oleh seorang wirausaha. (materi mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro hal. 121 sd 123).
  • Peserta didik menyebutkan jenis-jenis keputusan.

70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu.
  • Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai pengambilan keputusan dan jenis-jenis keputusan.

10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai tahap-tahap pengambilan keputusan.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai mengomunikasikan hasil pengambilan keputusan kepada pihak-piha terkait beserta jenis-jenis media komunikasi.
  • Peserta didik berlatih mempraktikan proses pengambilan keputusan dan mengomunikasikan hasil keputusan kepada pihak terkait.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai proses pengambilan keputusan, serta mengomunikasikan keputusan.

10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai analisis SWOT dan penerapannya dalam pengambilan keputusan.
  • Peserta didik menjelaskan analisis SWOT dan melakukan latihan anlisa SWOT atas sebuah usaha
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik mengingat kembali materi mengenai mengambil risiko usaha (bab 6), dan membuat keputusan.

10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·         Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
·         Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
·         Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


E. Sumber Belajar
  1. Kewirausahaan, untuk SMK penerbit Grafindo
  2. Buku referensi yang relevan       
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis             
            b. Bentuk Instrumen: PG
            c. Contoh Instrumen:
                 -  Contoh tes PG
Salah satu jenis keputusan adalah tidak mengambil keputusan, yaitu dengan cara . . . .
a.     tertidur                                                        d. menyanyi
b.    diam                                                           e. menghindar
c.     makan
                                                                 
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Nama Sekolah                  : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran                 : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester              : X (sepuluh) / 2
Program                           : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

Indikator
1.  Mendeskripsikan tentang jiwa kepemimpinan.
2.   Menjelaskan tentang sikap pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha.

Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat:
  1. Membedakan konsep manajemen dan kepemimpinan (leadership).
  2. Mengidentifikasi sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.
  3. Mendeskripsikan faktor yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet (kegagalan dan modal) dalam berwirausaha.

B. Materi Pembelajaran
  • Jiwa kepemimpinan (leadership)
  • Semangat pantang menyerah dan ulet

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya bersikap pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha.
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai konsep manajemen dan kepemimpinan.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan dalam sebuah organisasi.
  • Peserta didik menyebutkan sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.
  • Peserta didik menjelaskan perbedaan manajemen dan kepemimpinan.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.
10 menit
Kegiatan inti

a.    Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai kegagalan dan modal sebagai hal yang dapat menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet.
b.    Peserta didik menjelaskan kegagalan dan modal.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik mengingat kembali materi mengenai sikap pantang menyerah dan ulet.
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
  • Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
  • Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
  • Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Buku Kewirausahaan, untuk SMK Penerbit Grafindo
  2. Buku referensi yang relevan
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen:
-  PG
            c. Contoh Instrumen:
                 -  Contoh tes PG
Berikut ini yang dimaksud dengan self leadership adalah . . . .
a.    kemampuan orang lain untuk memengaruhi pikiran Anda
b.    kemampuan memimpin orang lain
c.     kemampuan untuk memengaruhi pikiran Anda agar mau mengikuti keinginan Anda
d.    kemampuan untuk memengaruhi pikiran orang lain agar mau mengikuti keinginan Anda
e.    semuanya benar

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )

Nama Sekolah                  : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran                 : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester              : X (sepuluh) / 2
Program                           : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2. 2. Mengelola konflik

Indikator
1.    Menjelaskan pengertian konflik.
2.    Menjelaskan faktor penyebab konflik.
3.    Menjelaskan tentang proses munculnya konflik.
4.    Menjelaskan tipe-tipe konflik.
5.    Menjelaskan cara mengelola dan mengatasi konflik.
6.    Menunjukkan manfaat positif dan negatif suatu konflik.

Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik dapat:
  1. Memahami pengertian konflik.
  2. Memahami dan mengidentifikasi faktor penyebab timbulnya konflik.
  3. Menganalisis munculnya konflik dalam sebuah tim.
  4. Mengidentifikasi tipe-tipe konflik berdasarkan faktor penyebab dan tingkatannya.
  5. Mengelola dan mengatasi suatu konflik berdasarkan informasi.
  6. Mengambil manfaat (negatif dan positif) dari suatu konflik.


B. Materi Pembelajaran
  • Konflik
  • Faktor penyebab konflik
  • Munculnya konflik
  • Tipe-tipe konflik
  • Mengelola dan mengatasi konflik
  • Manfaat konflik


C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya mengelola konflik
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai beragam makna dan jenis konflik.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai berbagai sumber dan faktor penyebab konflik.
  • Peserta didik menyebutkan faktor penyebab konflik.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit




Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai konflik dan faktor-faktor penyebabnya.
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai munculnya konflik, termasuk diantaranya munculnya konflik pada tim dalam berbagai tahapan.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai tipe konflik berdasarkan faktor penyebabnya dan tipe konflik berdasarkan tingkatannya.
  • Peserta didik menyebutkan tahapan dalam tim yang memiliki risiko timbulnya konflik.
  • Peserta didik menyebutkan tipe-tipe konflik.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai munculnya konflik dan tipe-tipe konflik
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor yang memengaruhi pemecahan konflik dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai manfaat negatif dan manfaat positif adanya suatu konflik.
  • Peserta didik berlatih mempraktikan pengelolaan konfik.
  • Peserta didik menyebutkan manfaat konflik.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit


Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik mengingat kembali materi mengenai mengelola konflik
10 menit
Kegiatan inti

·         Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·         Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
·         Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
·         Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Modul Kewirausahaan
  2. Buku referensi yang relevan
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen:  PG
            c. Contoh Instrumen:
                -  Contoh tes PG
Pernyataan yang paling benar tentang konflik dan masalah adalah . . . .
a.     konflik itu bukan masalah                
b.    masalah adalah konflik
c.     konflik adalah masalah
d.    masalah selalu berujung pada konflik
e.     semua jawaban benar
                                                                                               
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 100



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                  : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran                 : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester  : X (sepuluh) / 2
Program                           : Semua Program Keahlian

Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2.3. Membangun visi dan misi usaha

Indikator
1.         Mendeskripsikan tentang visi dan misi usaha.
2.         Menjelaskan peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi.
3.         Menjelaskan langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha.

Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat:
  1. Mampu membedakan visi dengan misi usaha.
  2. Peran pemimpin dan manajer dalam  mewujudkan visi dan misi dideskripsikan.
  3. Mampu merumuskan visi dan misi usaha yang ideal.

B. Materi Pembelajaran
  • Visi dan misi
  • Peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi usaha
  • Langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya visi dan misi dalam sebuah organisasi
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai visi dan misi, diantaranya visi yang ideal serta unsur-unsur pokok sebuah misi.
  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai peran pemimpin dan manajer dalam merumuskan serta mewujudkan visi dan misi perusahaan.
  • Peserta didik menjelaskan peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi usaha.
  • Peserta didik menjelaskan konsep visi dan misi usaha.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik diminta mengingat kembali mengenai peran kepemimpinan dan manajemen dalam mewujudkan visi dan misi usaha.
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik mengenai langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha.
  • Peserta didik berlatih merumuskan visi dan misi usaha.
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

Pertemuan Ke-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Memeriksa kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·         Peserta didik mengingat kembali materi mengenai membangun visi dan misi usaha.
10 menit
Kegiatan inti

  • Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
  • Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
  • Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
  • Pendidik mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai
70 menit
penutup
·          Peserta didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·          Guru memberi salam penutup
10 menit

E. Sumber Belajar
  1. Modul Kewirausahaan
b.    Buku referensi yang relevan
             
F. Penilaian Hasil Belajar
            a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen: PG
            c. Contoh Instrumen:
                             -  Contoh tes PG
Setiap individu ataupun usaha dalam meraih kesuksesan membutuhkan . . . .
a.     teman kerja                                     d. visi dan misi
b.    informasi                                                     e. modal
c.     alat tulis
                                                                       
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                          Pendidik Mata Pelajaran



Drs. SAUT SIBORO                                                                      EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004                                                       NIP.19751018200804 1001

 

3 komentar:

  1. Izin copy ya pak, RPP nya lengkap dan sangat membantu saya dalam akreditasi

    BalasHapus
  2. Izin copy ya pak, RPP nya lengkap dan sangat membantu saya dalam akreditasi

    BalasHapus