RPP KELAS XI DAN XII JUGA ADA... TAPI SEBELUM MENGCOPY RPP INI, WAJIB ISI KOMENTAR YA, JANGAN SINGGAH DIBLOK SAYA TANPA TULIS KOMENTAR YA CEK GU... JANGAN JADI MANUSIA YANG EGOIS, HANYA MENGAMBIL YANG ANDA PERLU.. MARI BELAJAR JUGA MEMBENTUK KARAKTER KITA SEBAGAI GURU SALING MELENGKAPI, SALING MEMBANGUN TERKHUSUS KITA YANG MENJADI GURU KEWIRAUSAHAAN,,, TERIMAKSIH,,,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Program : Semua
Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
Indikator
1. Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat
kewirausahaan.
2. Menjelaskan karakteristik wirausaha.
3. Menyebutkan faktor kegagalan dan keberhasilan
wirausaha.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
- Memahami konsep wirausaha
- Memahami tujuan dan manfaat kewirausahaan.
- Memahami karakteristik kewirausahaan
- Memahami faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian
wirausaha dan kewirausahaan
· Tujuan
dan manfaat kewirausahaan
· Karakteristik
wirausaha
· Faktor
kegagalan dan keberhasilan wirausaha
C. Metode Pembelajaran : Ceramah,diskusi, dan observasi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru memberitahukan kompetensi
dasar yang akan dipelajari dalam semester ganjil.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik mengevaluasi
tentang kondisi belajar dan diri selama semester genap yang baru dilalui, dan
menetapkan target belajar pada tahun ajaran baru di semester ganjil
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja tentang mengevaluasi diri, dan peserta didik yang lain memberi masukan.
·
Guru memberi motivasi agar peserta
didik melakukan perubahan untuk meningkatkan prestasi belajar disemester ini.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
guru
membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk membaca buku tentang Sikap dan
Perilaku Wirausaha serta menjawab pertanyaan mengapa Kewirausahaan dipelajari
di tingkat SMK?
|
10 menit
|
Pertemuan ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Memeriksa
tugas minggu lalu tentang mengapa Kewirausahaan dipelajari di tingkat SMK?
·
Peserta
didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya berwirausaha
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Pendidik membimbing
siswa meringkaskan materi yang akan dipelajari
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai konsep wirausaha dan kewirausahaan.
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai tujuan dan manfaat kewirausahaan secara
umum juga bagi diri sendiri dan dunia
pendidikan.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
guru
membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk berkomunikasi dengan pengusaha
disekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik untuk mengetahui bagaimana beliau memulai usaha dan
dapat bertahan sampai saat ini, serta mencatatnya dalam buku tugas.
|
10 menit
|
Pertemuan Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Pendidik dan peserta didik
memperhatikan kebersihan ruangan
·
Pendidik memeriksa kesiapan
peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan mengumpulkan tugas tentang pengusaha
disekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik untuk mengetahui bagaimana
beliau memulai usaha dan dapat bertahan sampai saat ini.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Membacakan hasil
tugas rumah sebanyak 2-3 tugas peserta didik dan menanggapi
·
Peserta didik
dibagi menjadi 6 kelompok sesuai 6
karakteristik (sikap dan perilaku) wirausaha dan mendiskusikannya
|
70 menit
|
Penutup
|
·
guru
membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk mencatat
atau print tentang biografi/kisah
seorang pengusaha yang sukses.
|
10 menit
|
Pertemuan Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Pendidik dan peserta didik
memperhatikan kebersihan ruangan
·
Pendidik memeriksa kehadiran
peserta didik dan mengumpulkan tugas tentang biografi pengusaha yang sukses
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Membacakan hasil
tugas rumah sebanyak 1 tugas peserta didik dan menanggapinya.
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik tentang faktor- faktor keberhasilan dan
kegagalan usaha berdasarkan karakteristik(sikap dan perilaku) wirausaha dan
mencatatnya dengan rapi
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik mengerjakan latihan dari buku kewirausahaan penerbit halaman
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-5
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Pendidik dan peserta didik
memperhatikan kebersihan ruangan
·
Pendidik memeriksa kehadiran
peserta didik dan mengumpulkan buku catatan peserta didik untuk diperiksa
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik menyelesaikan
ulangan harian untuk kompetensi dasar mengidentifikasi sikap dan perilaku
wirausaha.
·
Pendidik dan
peserta didik membahas tentang ulangan harian yang telah dilakukan
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Pendidik
mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari kompetensi dasar
mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha.
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
a.
Buku Paket Kewirausahaan, untuk SMK kelas X
Penerbit Grafindo dan yudistira
b.
Instrumen penilaian pelajaran
kewirausahaan
c.
Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. soal pilihan ganda: Terlampir
d.
perhitungan penilaian
jumlah
benar
Nilai =
-------------------------- X 100%
10
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
SIKAP
DAN PERILAKU WIRAUSAHA
STANDAR KOMPETENSI :
MENGAKTUALISASIKAN SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA
KOMPETENSI DASAR : MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU
WIRAUSAHA
TUJUAN PEMBELAJARAN :
SISWA DIHARAPKAN :
·
MENGHARGAI KARYA DAN PENGALAMAN ORANG
LAIN SEBAGAI MASUKAN BAGI PENGEMBANGAN DIRI.
·
MENCERMATI DAN MENELITI SERTA
MENGAMATI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA.
·
MEMAHAMI PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN
·
MENGIDENTIFIKASIKAN KARAKTERISTIK
WIRAUSAHA.
·
MENGIDENTIFIKASI KEGAGALAN DAN
KEBERHASILAN WIRAUSAHA.
Materi Ajar :
Pentingnya
pelajaran KEWIRAUSAHAAN.
Indonesia memilki jumlah penduduk yang besar dan merupakan
Negara keempat didunia denganpenduduk terbesar. Data BPS 2010 tercatatjumlah
penduduk Indonesia adalah sebesar 237,56 juta jiwa. Jumlah penduduk yang
fantastis dan memiliki potensi yang strategis jika dipandang sebagai potensi
pangsa pasar bagi dunia industri.namun disis lain jumlah penduduk yang
besar pemerintah kerap menghadapi berbagai permasalahan social yang
besar yakni dalam penyediaan sarana pendidikan, pangan dan sandang,lapangan
pekerjaan dan lainnya. Pertumbuhan penduduk yang terus bertambah setiap
tahunnya akan menambahjumlah tenaga kerja sehingga lapangan pekerjaanyang harus
disediakan, harus ditingkatkan . menurut BPS (2010) jumlah pengangguran pada
pebruari 2010 adalah 8,59 juta jiwa. Dari total angkatan kerja sebesar 92,60 % adalah pendudk yang bekerja
McClell dalam ciputra (200* menyatakan
bahwa agar suatu Negara bias menjadi makmur dibutuhkan minimum 2 % jumlah wirausaha dari total
pendudk.
Menurut
William Danko
“ seorang wirausahawan mempunyai kesempatan 4 kali lebih besar untuk menjadi milyuner
“ seorang wirausahawan mempunyai kesempatan 4 kali lebih besar untuk menjadi milyuner
Konsep
wirausaha
Istilah
wirausaha merupakan gabungan dari 2 suku kata, yaitu Wira dan usaha. Wira
berarti satria, patriot, berani, teladan, pejuang atau pahlawan. Sedangkan
usaha berarti upaya, suatu pengerahan tenaga, penyelenggaraan atau penggunaaan
segala sumber daya. Dengan demikian wirausaha dapat diartikan sebagai
pengerahan segala daya atau sumber daya dengan penuh keberanian.
Dulu,
istilah wirausaha lebih dikenal dengan sebutan wiraswasta (bahasa sansekerta)
swasta merupakan gabungan dari 2 kata yaitu swa berarti sendiri atau mandiri,
dan sta berarti berdiri (berdiri diatas kaki atau kemampuan sendiri).
Wiraswasta berarti suatu keberanian melakukan kegiatan dengan kemampuan
sendiri.
Istilah
kewirausahaan sudah ada sejak 200 tahun yang lalu antara lain :
·
Pertama kali
digunakan oleh bangsa Prancis yakni ENTREPRENDRE yang berarti menjalankan,
mengerjakan, melakukan, dan berusaha.
·
ENTREPRENDRE
diterjemahkan pula dalam bahasa inggris menjadi ENTREPRENEUR. ENTREPRENEUR berarti between taker atau go between.
·
Dalam perkembangan
waktu, istilah entrepreneur dipakai sebagai profesi dibidang usaha bukan
sebutan untuk jabatan. Hal ini diperkenalkan pertama kali oleh Richard
Cantillon (1730).
Beberapa
pengertian tentang wirausaha, kewirausahaan :
1.
Wirausaha adalah
orang dengan sifat-sifat utama, seperti berani mengambil resiko, dan dapat
diteladani dalam karya untuk mendapatkan perubahan dan pembaharuan (KBBI edisi
2003)
2.
Kewirausahaan adalah
semangat sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau
kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan
meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan
keuntungan yang lebih besar (inpres no 4 tahun 1995 tentang Gerakan Nasional memasyarakatkan dan membudayakan
kewirausahaan)
3. Wirausaha
menurut Joseph Schumpeter adalah orang yang mendobrak system ekonomi yang ada
dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan
menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.
4.
Kewirausahaan adalah
proses kreatif untuk menciptakan suatu nilai yang berbeda dengan mencurahakan
waktu yang diperlukan dan upaya, disertai dana, psikologis, resiko waktu dan
adanya penerimaan penghargaan atas kepuasan perorangan (Robert D. Hisrich)
Berdasarkan defenisi tersebut
Kewirausahaan mengandung hal-hal Ssb:
·
Pengambilan inisiatif atau prakarsa;
·
Pengorganisasian sumber daya, dan
·
Keberanian menanggung resiko.
Tujuan
Kewirausahaan
·
Tujuan pribadi orang
berwirausaha pada umumnya :
a.
Kebebasan dari campur
tangan dan pengawasan atasan
b.
Kebanggaan jika
berhasil. Keinginan besar untuk berprestasi.
c.
Mampu mengontrol
keuangan sendiri.
·
Tujuan dari
kewirausahaan, antara lain :
a.
Menumbuhkembangkan
orientasi dan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap
masyarakat.
b.
Meningkatkan jumlah
wirausaha yang berkualitas.
c.
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dari para
wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
d.
Membudayakan sikap,
semangat, kemampuan dan perilaku kewirausahaan dikalangan masyarakat.
Mafaat
adanya kewirausahaan
a.
Berusaha memberi
bantuan kepada orang lain dalam pembangunan sosial sesuai kemampuannya
b.
Menjadi contoh
bagi anggota masyarakat sebagai pribadi unggul yang patut diteladani.
c.
Menjadi contoh
bagaiamana harus bekerja keras dan tekun tetapi tidak melupakan perintah agama.
d.
Menambah daya
tampung lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
e.
Sebagai generator
pembangunan dan pemeliharaan lingkungan
Karakteristik
Wirausaha
1.
Disiplin
Adalah
sikap mental untuk mematuhi peraturan dan tata tertib. Kedisplinan juga bias
ditumbuhkan dengan memiliki tanggung jawab. Salah satu bentuk kedisplinan yang
terpenting adalah perilaku tepat waktu dan tepat janji.
Tepat
waktu dan tepat janji akan mendatangkan kepercayaan dari orang lain.
2.
Komitmen yang tinggi
Adalah
suatu sikap yang secara sadar dan konsisten mengikat diri pada suatu rencana
atau usaha untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah dirumuskan dan
diputuskan dalam rangka meraih keberhasilan dalam usaha. Kata komitmen berasal
dari bahasa inggris yaitu commitment
yang artinya melakukan janji,. Dalam
bahasa Indonesia berarti keterikatan. Sikap komitmen harus disertai sikap aktif
dan proaktif. Sikap aktif adalah sikap yang memiliki inisiatif dan
melaksanakan sedangkan sikap pro aktif
adalah orang yang memilih bertanggungjawab atas semua tindakannya. Seluruh
tindakannya adalah hasil keputusannya bukan dari situasi.
3.
Jujur
Adalah
ungkapan perilaku seseorang yang mengakui keberadaan sebenarnya atau apa
adanya. Seorang wirausaha harus jujur terhadap diri sendiri, terhadap orang
lain dan terhadap tujuan yang akan dicapai
4.
Kreatif dan inovatif
Kreatif
atau kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan
cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thingking new
thing) sedangkan inovasi atau inovatif adalah kemampuan untuk menerapkan
kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new
thing).sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan melalui proses berpikir
kreatif dan bertindak inovatif merupakan nilai tambah (value added) dan
meruapakan keunggulan yang berharga. Nilai tambah yang berharga adalah sumber
peluang bagi wirausaha. Ide kreatif akan muncul apabila wirausaha “look at old
and think something new or different”.
Sukses
kewirausahaan akan tercapai apabila berpikir dan melakukan sesuatu yang baru
atau sesuatu yang lama dengan cara yang baru (think and doing new things or old
thing in new way) (zimmer). Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui
berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang.
5.
Mandiri
Adalah suatu sikap tidak selalu bergantung kepada
orang lain, atau melakukan kegiatan dengan percaya pada kemampuan diri sendiri. Setiap wirausaha harus bias mandiri, sekaligus bias
bekerjasama dengan orang lain .
6.
Realistis
Adalah
kenyataan. Jadi berpikir realistis adalah cara berpikir dengan akal
sehat.kekuatan wirausaha dating dari ide yang bias ia sesuaikan dengan keadaan
nyata (real).
Factor
– Factor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan
Wirausaha
1.
Tidak berkompeten
dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memilki kemampuan dan pengetahuan
mengelola usaha merupakan factor penyebab utama
yang membuat perusahaan kurang berhasil.
2.
Kurang dapat
mengendalikan keuangan. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat
operasional perusahaan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar. Maka sangat
perlu mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat.
3.
Gagal dalam perencanaan.
Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam
perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.
4.
Kurangnya pengawasan
peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efesiensi dan efektifitas. Kurang
pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan alat tidak efesien dan tidak efektif.
5.
Sikap kurang
sunggug-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah – setengah terhadap usaha
akan mengakibatkan usaha yang dilakukan
menjadi labil dan gagal.dengan sikapsetengah hati kemungkinan gagal menjadi
besar.
6.
Ketidakmampuan dalam
melakukan peralihan/ transisi kewirausahaan. Wirausaha yang kurang siap
menghadapi dan melakukan perubahan tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil.
Sebuah penelitian menunjukkan
keberhasilan seseorang ditentukan oleh 60 % kekuatan mental, 25 % keuletan
berusaha dan 15 % pendidikan yang diperoleh..
SOAL
ULANGAN HARIAN
KD : MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN
PERILAKU WIRAUSAHA
1. Yang
bukan Tujuan dari
kewirausahaan
adalah..........
A.
Menumbuhkembangkan orientasi
dan kesadaran kewirausahaan
b. Mencetak jumlah wirausaha yang berkualitas
c. Membudayakan sikap kreatif dan inovatif
d. Membudayakan sikap efektif dan efisien
e. Mampu menghadapi persaingan usaha.
b. Mencetak jumlah wirausaha yang berkualitas
c. Membudayakan sikap kreatif dan inovatif
d. Membudayakan sikap efektif dan efisien
e. Mampu menghadapi persaingan usaha.
2. Seorang
wirausaha harus mencintai pekerjaan yang dimilikinya disebut....
A.
Dedication
b. Decisiveness
c. Devotion
d. Determination
e. Destiny
b. Decisiveness
c. Devotion
d. Determination
e. Destiny
3. Berikut yang bukan sifat-sifat yang dimiliki
seorang wirausaha menurut BYGRAVE adalah
A.
Dedication
b. Dollars
c. Details
d. distribute
e. Produktif
b. Dollars
c. Details
d. distribute
e. Produktif
4. Seorang
wirausaha selalu konsisten untuk membuka dan menutup tokonya pada waktu yang
telah ditetapkan. Contoh berikut merupakan sikap dan perilaku...
A.
Disiplin
c. Komitmen yang tinggi
c. Jujur
d. Mandiri
e.realistis
c. Komitmen yang tinggi
c. Jujur
d. Mandiri
e.realistis
5. Menurut Bygrave uang bukanlah tujuan seorang
wirausaha, tetapi uang dianggap sebagai...
A.
Sasaran usahanya
b. Motivasi dalam bisnis
c. Sesuatu yang harus didapat
d. Ukuran kesuksesan bisnisnya
e. Bayaran atas usaha yang dilakukan
b. Motivasi dalam bisnis
c. Sesuatu yang harus didapat
d. Ukuran kesuksesan bisnisnya
e. Bayaran atas usaha yang dilakukan
6. Daya
inisiatif yang mengarah pada kejujuran tidak dapat tumbuh pada diri seseorang
jika ia memiliki salah satu sifat dibawah ini yakni
a.
Menjadi teladan
b. Cepat tanggap
c.Berfikir kritis
d. tertutup
e. Ramah
b. Cepat tanggap
c.Berfikir kritis
d. tertutup
e. Ramah
7. Dibawah
ini merupakan sikap dan perilaku seorang pengusaha antara lain kecuali...
A.
Disiplin
b. Komitmen
c. Jujur
d. Realistis
e. Pesimis
b. Komitmen
c. Jujur
d. Realistis
e. Pesimis
8. Kemampuan untuk yang menghasilkan sesuatu yang
baru yang sebelumnya tidak ada disebut....
A.
Efektif
b. Inovatif
c. Kreatif
d. Produktif
e. Selektif
b. Inovatif
c. Kreatif
d. Produktif
e. Selektif
9. Contoh
kegiatan yang melatih kreatifitas diantaranya adalah..
A.
Menjahit
b. Belajar menyetir mobil
c. menggunakan radio-tape
d. Mengerjakan PR
e. Membuat tas dari kardus
b. Belajar menyetir mobil
c. menggunakan radio-tape
d. Mengerjakan PR
e. Membuat tas dari kardus
10. Seorang
pelajar dari tingkat SMP meraih mendali emas tingkat internasional karena ia
mampu menghasilkan HELM PENDINGIN yang mampu menurunkan panas sebesar 20’.
Contoh diatas disebut....
A.
Kreatif dan normatif
b. Kreatif dan adaptif
c.kreatif dan inovatif
d. Kreatif dan efektif
e. Efektif dan efisien
b. Kreatif dan adaptif
c.kreatif dan inovatif
d. Kreatif dan efektif
e. Efektif dan efisien
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Program : Semua
Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian, tujuan dan
manfaat perilaku kerja prestatif.
2.
Menjelaskan lima perilaku kerja
prestatif.
3.
Menjelaskan prinsip cara kerja
prestatif.
Alokasi Waktu: 6Jam × 45
Menit (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
- Mengetahui pengertian,tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif.
- Memahami dan membedakan 5 perilaku kerja prestatif.
- Memahami prinsip kerja prestatif.
- Menerapkan cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif
· 5
perilaku kerja prestatif
· Prinsip
cara kerja prestatif
C. Metode Pembelajaran
Ceramah,diskusi dan persentasi.
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b.
Pendidik memeriksa kehadiran
dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
c.
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam
pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
memberi pendapat mengenai tipe-tipe
orang dalam melihat suatu kesuksesan.
b.
Peserta didik
menyimak penjelasan pendidik mengenai pengertian, tujuan dan manfaat perilaku
kerja prestatif.
|
70 menit
|
Penutup
|
Penutup
Peserta
didik diberi tugas untuk mencari 1 gambar/artikel mengenai perilaku kerja
prestatif
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
serta mengumpulkan tugas peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diberi tugas secara kelompok untuk melengkapi 5 artikel/gambar mengenai
perilaku kerja prestatif
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
serta mengumpukan tugas peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
Penutup
|
Pendidik
mengevaluasi hasil ulangan harian ke dua dan memotivasi peserta didik agar
memiliki perilaku kerja prestatif.
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku Paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X
- Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
- Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
d.
Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b. Bentuk Instrumen: PG
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Program : Semua
Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan
perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.3. Merumuskan solusi masalah
Indikator
1. Menjelaskan pengertian masalah.
2. Menjelaskan teknik pemecahan masalah.
3. Membedaan masalah dan bukan masalah.
4. Mengidentifikasi masalah dan faktor penyebabnya.
5. Menjelaskan cara mencari dan menentukan alternatif
pemecahan masalah.
6. Menjelaskan dampak dari pengambilan keputusan
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4
Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
- Mengetahui pengertian masalah
- Membedakan masalah dan bukan masalah.
- Mengidentifikasi dan merumuskan/menguraikan masalah dalam usaha berdasarkan data.
- Memberikan alternatif pemecahan masalah yang berbeda-beda
- Memahami dan menerapkan kunci sukses dalam memecahkan masalah.
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian
masalah
· Teknik
pemecahan masalah
· Membedakan
masalah dan bukan masalah
· Masalah
dan faktor penyebabnya
· Alternatif
pemecahan masalah
· Dampak
dari pengambilan keputusan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
c.
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam
pembelajaran
d. beberapa Peserta didik menyampaikan contoh masalah yang pernah
dialaminya dan solusi penyelesaiannya
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
membaca buku pegangan kewirausahaan topik merumuskan solusi maslah untuk
memahami pengertian dan mengapa pentingnya menyelesaikan masalah
b.
Beberapa peserta
didik menyampaikan pemahaman mereka apa itu masalah dan mengapa pentingnya
menyelesaikan masalah.
c.
Pendidik memberikan
catatan tentang pengertian masalah dan ciri-ciri masalah sebagai kesimpulan.
d.
Pendidik
menyampaikan penjelasan tentang teknik pemecahan masalah secara umum,
sekaligus memberikan catatan sebagai ringkasan.
e.
Pendidik memberikan
sebuah soal cerita untuk melatih teknik pemecahan masalah.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diberi tugas untuk mencari artikel tentang Masalah dan penyelesaiannya
dari sebuah perusahaan.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta
mengumpulkan tugas peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai perbedaan masalah dan bukan masalah,
serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.
b.
Peserta didik
menjelaskan perbedaan masalah dan bukan masalah.
c.
Peserta didik
menyebutkan jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta menyebutkan kembali perbedaan masalah
dan bukan masalah, serta jenis-jenis masalah dalam sebuah usaha.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai langkah mengidentifikasi masalah dan
faktor penyebabnya.
b.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai langkah-langkah mencari dan menentukan
alternatif pemecahan masalah.
c.
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan penyelesaian masalah
dari sebuah naskah yang diberikan.
d.
Peserta didik
mempersentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta berlatih kembali menganalisis suatu
masalah, serta menentukan alternatif pemecahannya dari sebuah masalah.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan
mengumpulkan tugas rumah peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
memahami penjelasan pendididk tentang dampak dari pengambilan keputusan.
b.
Peserta didik
diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
c.
Peserta didik
diberikan lembar soal ulangan harian.
d.
Peserta didik
diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
e.
Pendidik
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab
selanjutnya, yaitu mengembangkan semangat wirausaha,
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X.
- Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
- Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. Instrumen penilaian
(terlampir)
d.
perhitungan penilaian
jumlah
benar
Nilai =
-------------------------- X 100%
10
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 JORLANG
HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Program : Semua
Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan
perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.4. Mengembangkan semangat wirausaha
Indikator
1. Menjelaskan tentang semangat dan gairah
2. Menjelaskan faktor-faktor penyebab munculnya semangat
wirausaha.
3. Menjelaskan cara mengembangkan semangat wirausaha.
4. Menjelaskan tentang pengertian, perkembangan,
jenis-jensi dan faktor pendukung keberhasilan inovasi.
5. Menjelaskan tentang faktor penyebab kegagalan
wirausaha dalam memotivasi diri.
6. Menjelaskan tentang sikap bekerja yang efisien dan
efektif.
Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
- Memahami pengertian semangat dan gairah.
- Memahami faktor-faktor penyebab munculnya semangat wirausaha.
- Memahami dan mengembangkan pola pikir semangat wirausaha.
- Membedakan penemuan dan inovasi.
- Mengidentifikasi faktor pendukung keberhasilan inovasi dan jenis-jenis inovasi.
- Menumbuhkan kreativitas dan inovasi.
- Membedakan kerja efisien dan efektif serta menerapkannya dalam bekerja/wirausaha.
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian
semangat dan gairah
· Faktor-faktor
munculnya semangat kewirausahaan
· Mengembangkan
semangat wirausaha
· Inovasi
· Motivasi
· Sikap
bekerja efisien dan efektif
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam
pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai pengertian semangat dan gairah.
b.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor yang menyebabkan
munculnya semangat usaha dan langkah-langkah mengembangkan semangat
wirausaha.
c.
Peserta didik
berlatih mengembangkan kemampuan kreatif.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta berlatih kembali mengembangkan
kemampuan kreatif.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.
Peserta didik
diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor penyebab munculnya semangat
wirausaha dan mengembangkan semangat wirausaha.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai inovasi, termasuk diantaranya awal
munculnya inovasi, faktor-faktor pendukung keberhasilan inovasi, serta jenis-jenis
inovasi.
b.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai pentingnya motivasi dalam
berwirausaha/bekerja.
c.
Peserta didik
menjelaskan perbedaan inovasi dengan penemuan (invention).
d.
Peserta didik
menyebutkan jenis-jenis inovasi.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta menjelaskan kembali mengenai perbedaan
inovasi dengan penemuan (invention),
serta menyebutkan kembali jenis-jenis inovasi.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.
Peserta didik
mengingat kembali materi mengenai inovasi dan motivasi.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai sikap kerja efisian dan efektif.
b.
Peserta didik
menjelaskan perbedaan kerja efisien dan efektif.
c.
Peserta didik
mengerjakan ulangan harian untuk kompetensi mengembangkan semangat wirausaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi bab
selanjutnya, yaitu membangun komitmen dalam berwirausaha.
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK
- Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
- Laporan kinerja peserta didik yang dihasilkan
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Prinsip
kewirausahaan terdiri dari beberapa unsur penting, diantaranya adalah . . . .
a.
ada unsur pola pikir kebelakang
b.
ada zona nyaman
c.
ada distribusi
d.
ada unsur improvisasi dalam prosesnya
e.
ada proses
- Contoh tes uraian
Sebutkan
dan jelaskan apa saja yang mendorong terjadinya inovasi.
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 JORLANG
HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Program : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan
perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.5. Membangun
komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
Indikator
1. Menjelaskan pengertian komitmen.
2. Menjelaskan pentingnya komitmen tinggi dlaam
berwirausaha.
3. Menjelaskan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen
tinggi.
4. Menjelaskan jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.
Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi manfaat komitmen dalam berwirausaha.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi.
- Menerapkan komitmen tinggi terhadap wirausaha.
B. Materi Pembelajaran
· Komitmen
· Pentingnya komitmen tinggi dalam berwirausaha
· Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
· Jenis-jenis komitmen dalam
berwirausaha
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.
Pendidik menyampaikan tujuan
pembelajaran dari uraian materi pokok dan kompetensi yang harus dicapai dalam
pembelajaran.
d. Peserta didik dan Pendidik mendiskusikan komitmen dalam
berwirausaha.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai komitmen dan pentingnya komitmen dalam
berwirausaha.
b.
Peserta didik
menyebutkan kegunaan komitmen dalam berwirausaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta menyebutkan kembali kegunaan komitmen
dalam berwirausaha.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai pentingnya komitmen dalam
berwirausaha
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor yang menunjukkan
seseorang berkomitmen tinggi terhadap pekerjaannya.
b.
Peserta didik
menyebutkan faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diminta menyebutkan kembali faktor-faktor
yang menunjukkan komitmen tinggi.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
b. Pendidik
memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
c.
Peserta didik
diminta mengingat kembali mengenai faktor-faktor yang menunjukkan komitmen
tinggi.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai jenis-jenis komitmen yang perlu
dimiliki dalam berwirausaha.
b.
Peserta didik
menyebutkan jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.
c.
Peserta didik
mengingat kembali materi mengenai mengembangkan semangat wirausaha (bab 4),
dan membangun komitmen dalam berwirausaha.
d.
Peserta didik diminta
untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja
karena akan diadakan ulangan harian.
e.
Peserta didik
diberikan soal ulangan harian.
f.
Peserta didik
diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
g.
Pendidik
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
|
70 menit
|
Penutup
|
Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari materi seluruh bab, untuk persiapan
ulangan semester
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku paket Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK
b.
Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik
Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran :
KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2
Program : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan
perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.6. Mengambil
resiko usaha
Indikator
1. Memahami risiko dan ketidakpastian usaha.
2. Mengklasifikasi risiko usaha.
3. Menjelaskan tentang jenis-jenis risiko usaha.
4. Menjelaskan faktor penyebab risiko usaha.
5. Menjelaskan tujuan dan manfaat resiko usaha
6. Mengatasi dan memperkecil risiko.
Alokasi Waktu: 6 Jam × 45 Menit (3
Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
- Membedakan ketidakpastian (unexpected risk) dengan risiko (risk).
- Mengidentifikasi risiko murni dan spekulatif.
- Mengidentifikasi risiko secara Umum
- Mengidentifikasi jenis-jenis risiko yang sering terjadi dalam dunia usaha.
- Memahami penyebab faktor munculnya risiko usaha.
- Mengidentifikasi risiko usaha
B. Materi Pembelajaran
· Pengertian
resiko
· Jenis-jenis risiko usaha
· Faktor penyebab risiko usaha
· Manfaat
dan tujuan risiko
· Manajemen resiko
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru memberitahukan kompetensi
dasar yang akan dipelajari dalam semester genap.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta
didik mengevaluasi tentang kondisi belajar dan diri selama semester ganjil,
dan menetapkan target belajar pada semester genap
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja tentang mengevaluasi diri, dan peserta didik yang lain memberi masukan.
·
Guru memberi motivasi agar
peserta didik melakukan perubahan untuk meningkatkan prestasi belajar
disemester ini.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
guru
membuat kesimpulan dan memberi tugas untuk membaca buku tentang resiko usaha.
|
10 menit
|
PERTEMUAN KE 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai
risiko (risk).
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai klasifikasi risiko usaha, diantaranya
risiko murni dan spekulatif, serta risiko berdasarkan jenis dampak yang
ditimbulkan (risiko sistematik dan risiko spesifik).(materi
mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro
hal. 109 sd 111).
·
Peserta didik
menjelaskan arti dari risiko
·
Peserta didik
menyebutkan klasifikasi risiko usaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai jenis-jenis risiko yang terjadi dalam
dunia usaha dan berwirausaha.
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai faktor-faktor penyebab munculnya risiko
usaha.(materi
mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro
hal. 111 sd 112).
·
Peserta didik
menyebutkan jenis-jenis risiko usaha.
·
Peserta didik
menyebutkan faktor-faktor penyebab risiko usaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai cara mengatasi dan memperkecil risiko
usaha.
·
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai manfaat dan tujuan risiko usaha.
(materi
mengacu pada modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X, karangan Hendro
hal. 114 sd 115).
·
Peserta didik
menyebutkan cara mengatasi dan memperkecil risiko usaha.
·
Peserta didik
berlatih menganalisis risiko usaha.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya yaitu membuat keputusan
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku Kewirausahaan, untuk SMK dan MAK kelas X, (penerbit erlangga, yudistira,grafindo,dll)
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG (terlampir)
Mengetahui
Kepala Sekolah Pendidik Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804 1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2
Program :
Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 1. Mengaktualisasikan sikap dan
perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar : 1.7. Membuat
keputusan
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian pengambilan keputusan.
2.
Mendeskripsikan
jenis-jenis keputusan.
3.
Menjelaskan
latar belakang munculnya sebuah keputusan.
4.
Menjelaskan
proses pengambilan keputusan.
5.
Menjelaskan
tentang mengomunikasikan keputusan.
6.
Menganalisis masalah
menggunakan analisis SWOT.
7.
Menerapkan
analisis SWOT dalam pengambilan keputusan.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
- Memahami dan menyebutkan jenis-jenis keputusan.
- Memahami sebab/alasan perlunya pengambilan keputusan.
- Mempraktikan tahapan dalam pengambilan keputusan.
- Mengomunikasikan hasil suatu keputusan kepada pihak-pihak terkait menggunakan media komunikasi.
- Menggunakan analisis SWOT dalam menganalisis suau permasalahan.
B. Materi Pembelajaran
- Pengambilan keputusan
- Jenis-jenis keputusan
- Proses pengambilan keputusan
- Analisis masalah menggunakan analisis SWOT
- Penerapan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mennyampaikan hasil ulangan harian dan memberi motivasi agar peserta didik
tetap meningkatkan self studi masing-masing.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengulang materi minggu lalu secara singkat dan mengecek tugas minggu lalu.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai proses
pengambilan keputusan, serta mengomunikasikan keputusan.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai mengambil risiko usaha (bab 6), dan
membuat keputusan.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik
diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·
Peserta didik
diberikan lembar soal ulangan harian.
·
Peserta didik
diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
·
Pendidik
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Kewirausahaan, untuk SMK penerbit Grafindo
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Salah
satu jenis keputusan adalah tidak mengambil keputusan, yaitu dengan cara . . .
.
a. tertidur d.
menyanyi
b. diam e.
menghindar
c. makan
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran :
KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Program : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
Indikator
1. Mendeskripsikan tentang jiwa kepemimpinan.
2. Menjelaskan tentang sikap pantang menyerah dan ulet
dalam berwirausaha.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
- Membedakan konsep manajemen dan kepemimpinan (leadership).
- Mengidentifikasi sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan.
- Mendeskripsikan faktor yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet (kegagalan dan modal) dalam berwirausaha.
B. Materi Pembelajaran
- Jiwa kepemimpinan (leadership)
- Semangat pantang menyerah dan ulet
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya bersikap pantang menyerah dan
ulet dalam berwirausaha.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai sifat-sifat yang memengaruhi
keberhasilan kepemimpinan.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
a.
Peserta didik
menyimak penjelasan Pendidik mengenai kegagalan dan modal sebagai hal yang
dapat menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet.
b.
Peserta didik
menjelaskan kegagalan dan modal.
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai sikap pantang menyerah dan ulet.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Buku Kewirausahaan, untuk SMK Penerbit Grafindo
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen:
-
PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Berikut
ini yang dimaksud dengan self leadership
adalah . . . .
a.
kemampuan orang lain untuk memengaruhi
pikiran Anda
b.
kemampuan memimpin orang lain
c.
kemampuan untuk memengaruhi pikiran
Anda agar mau mengikuti keinginan Anda
d.
kemampuan untuk memengaruhi pikiran
orang lain agar mau mengikuti keinginan Anda
e.
semuanya benar
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Nama Sekolah :
SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran :
KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Program : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2. 2. Mengelola konflik
Indikator
1. Menjelaskan pengertian konflik.
2. Menjelaskan faktor penyebab konflik.
3. Menjelaskan tentang proses munculnya konflik.
4. Menjelaskan tipe-tipe konflik.
5. Menjelaskan cara mengelola dan mengatasi konflik.
6. Menunjukkan manfaat positif dan negatif suatu konflik.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
- Memahami pengertian konflik.
- Memahami dan mengidentifikasi faktor penyebab timbulnya konflik.
- Menganalisis munculnya konflik dalam sebuah tim.
- Mengidentifikasi tipe-tipe konflik berdasarkan faktor penyebab dan tingkatannya.
- Mengelola dan mengatasi suatu konflik berdasarkan informasi.
- Mengambil manfaat (negatif dan positif) dari suatu konflik.
B. Materi Pembelajaran
- Konflik
- Faktor penyebab konflik
- Munculnya konflik
- Tipe-tipe konflik
- Mengelola dan mengatasi konflik
- Manfaat konflik
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya mengelola konflik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai konflik dan faktor-faktor
penyebabnya.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai munculnya konflik dan tipe-tipe
konflik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai mengelola konflik
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
·
Peserta didik
diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·
Peserta didik
diberikan lembar soal ulangan harian.
·
Peserta didik
diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa akan ada sanksi bila menyontek.
·
Pendidik
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Modul Kewirausahaan
- Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Pernyataan yang paling benar tentang
konflik dan masalah adalah . . . .
a. konflik
itu bukan masalah
b. masalah
adalah konflik
c. konflik
adalah masalah
d. masalah
selalu berujung pada konflik
e. semua
jawaban benar
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN
Mata Pelajaran :
KEWIRAUSAHAAN
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2
Program : Semua Program Keahlian
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
Kompetensi Dasar : 2.3. Membangun visi dan misi usaha
Indikator
1.
Mendeskripsikan tentang visi dan misi
usaha.
2.
Menjelaskan peran kepemimpinan dan
manajemen dalam merumuskan visi dan misi.
3.
Menjelaskan
langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha.
Alokasi Waktu: 8 Jam × 45 Menit (4 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
- Mampu membedakan visi dengan misi usaha.
- Peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi dideskripsikan.
- Mampu merumuskan visi dan misi usaha yang ideal.
B. Materi Pembelajaran
- Visi dan misi
- Peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi usaha
- Langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik dan Pendidik mendiskusikan pentingnya visi dan misi dalam sebuah organisasi
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik diminta mengingat kembali mengenai peran kepemimpinan dan manajemen
dalam mewujudkan visi dan misi usaha.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
Pertemuan
Ke-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memeriksa
kebersihan kelas dan mengecek kehadiran siswa.
·
Peserta
didik mengingat kembali materi mengenai membangun visi dan misi usaha.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
|
70 menit
|
penutup
|
·
Peserta
didik diberi tugas untuk membaca materi berikutnya.
·
Guru
memberi salam penutup
|
10 menit
|
E. Sumber Belajar
- Modul Kewirausahaan
b. Buku
referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: Tes
tertulis
b.
Bentuk Instrumen: PG
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Setiap
individu ataupun usaha dalam meraih kesuksesan membutuhkan . . . .
a. teman
kerja d.
visi dan misi
b. informasi e.
modal
c. alat
tulis
Mengetahui
Kepala
Sekolah Pendidik Mata Pelajaran
Drs. SAUT SIBORO EDISON SIAHAAN,S.Pd
NIP. 19600109 198603 1 004 NIP.19751018200804
1001
kelas xi xii ada gak pak
BalasHapusIzin copy ya pak, RPP nya lengkap dan sangat membantu saya dalam akreditasi
BalasHapusIzin copy ya pak, RPP nya lengkap dan sangat membantu saya dalam akreditasi
BalasHapus